Tuesday, May 29, 2012

Perilaku Orang Bisa Berubah Gara-gara Baca Novel

Perilaku Orang Bisa Berubah Gara-gara Baca Novel
Jakarta, Ketika membaca novel fiksi atau komik, tanpa sadar orang akan tenggelam ke dalam dunia karakter fiksi tersebut. Hal ini mungkin dapat mengubah perilaku dan pikiran untuk menyesuaikan karakter fiksi tersebut.
Para peneliti di Ohio State University memeriksa apa yang terjadi pada orang yang sedang membaca cerita fiksi. Hasilnya orang akan merasakan emosi, pikiran, keyakinan dan tanggapan internal dari salah satu karakter seolah-olah terjadi pada dirinya sendiri.

Peneliti juga menemukan bahwa, dalam situasi tertentu, tenggelamnya pikiran Anda ke dalam karakter fiksi dapat mengubah perilaku Anda di kehidupan nyata meskipun sifatnya mungkin sementara.

Dalam satu percobaan, misalnya, para peneliti menemukan bahwa orang yang telah terbawa ke dalam karakter fiksi kesulitan ketika dihadapkan pada sebuah pilihan, tetapi beberapa hari kemudian dirinya dapat mengambil keputusan dari pilihan tersebut dengan mudah.

Dalam eksperimen lain, orang yang terbawa ke dalam karakter fiksi dapat mempengaruhi orientasi seksual, perilaku psikologi dan mungkin kurang stereotip.

"Hal tersebut dapat mengubah Anda tanpa Anda sadari dengan menggabungkan hidup sendiri dengan orang-orang dari karakter yang Anda baca," kata Geoff Kaufman, pemimpin penelitian di Ohio State University seperti dilansir dari medindia, Kamis (10/5/2012).

Pengaruh karakter fiksi tersebut tidak terjadi sepanjang waktu. Ini hanya terjadi ketika orang dalam keadaan ingin melupakan identitas dirinya sendiri ketika sedang membaca novel fiksi.

Dalam satu percobaan, para peneliti menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak terbawa ke dalam karakter fiksi jika membaca komik di sebuah bilik dengan cermin.

"Semakin banyak Anda mengingatkan diri Anda akan identitas pribadi, semakin kecil kemungkinan Anda tenggelam ke dalam identitas karakter fiksi tersebut," kata Kaufman.(ir/ir)

Written by Umar Kid : a Blog to learn english so well and go public

Article Perilaku Orang Bisa Berubah Gara-gara Baca Novel written by Umar Kid at Tuesday, May 29, 2012 Thanks for visited my Blog - I'm amateur not professional not ustad not yet Kiya'i - I'm just lonely Tiger Like a Monkeys | http://www.umarkid.blogspot.com
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments :

Post a Comment