Saturday, May 26, 2012

Harimau Sumatera Masih Ditemukan di Jambi


Harimau Sumatera Masih Ditemukan di Jambi
Jambi, Kamera trap berhasil merekam adanya harimau dilindungi di dalam kawasan hutan di KKI Warsi, Jambi. Selain itujuga terekam beruang madu, tapir dan sejumlah satwa langka lainnya yang dilindungi.
“Keberadaan harimau dan satwa lain yang terancam punah di kawasan ini memperlihatkan kawasan hutan adat Guguk memegang peranan penting sebagai habitat satwa tersebut, sehingga keberadaannya perlu terus dipertahankan dan dijaga,” kata Koordinator Program KKI Warsi, Yul Qari, kepada detikcom, Sabtu (26/5/2012).

Yul menjelaskan, kamera itu dipasang di kawasan hutan adat Guguk Desa Guguk Kecamatan Ranah Pembarap Kabupaten Merangin, Jambi. Selain harimau di kawasan seluas 630 hektar ini juga terekam satwa lain yang statusnya dilindungi yang di antaranya adalah beruang madu, kucing batu, tapir dan kijang muncak.

Satwa ini mendapat status Appendict I sesuai dengan PP no 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan Dan Satwa. Juga terdapat monyet beruk, simpai dan kuaw raja, yang statusnya Appendict II atau jika tidak diindungi akan mendekati kepunahan.

Dengan terekamnya satwa-satwa ini menyatakan bahwa kawasan hutan adat Guguk yang keberadaannya dikelola dengan kearifan lokal masyarakat, menyimpan kekayaan yang sangat beragam. Disebutkannya harimau sumatera merupakan satwa endemik yang keberadaannya di hutan-hutan primer semakin sedikit akibat alih fungsi.

"Dalam rantai makanan harimau sebagai pemangsa puncak, dengan posisi ini, harimau memegang peranan penting menjaga keseimbangan ekosistem. Karena harimua membutuhkan habitat yang luas dengan tutupan hutan yang baik," kata Yul sembari menambahkan pemotretan dilakukan selama satu bulan sepanjang Maret lalu.

Di dalam kelesatarian hutan, kelompok pengelola hutan adat yang dipilih masyarakat desa, juga menetapkan sejumlah aturan untuk kelestarian kawasan. Diantaranya adanya patroli rutin dan memberikan denda yang cukup besar bagi pelaku penebangan pohon di kawasan ini. Kayu di kawasan ini hanya boleh dimanfaatkan untuk fasilitas publik dan harus diputuskan melalui rapat adat.

"Saat ini harumau sumatera hanya berkisar 300-400 ekor saja, kalau tidak ada perlindungan habitat dengan dukungan kebijakan pemerintah, bisa jadi nasib harimau sumatera akan sama dengan harimau bali dan harimau jawa yang sudah lebih dahulu punah," kata Yul Qari.

(cha/lh)

Written by Umar Kid : a Blog to learn english so well and go public

Article Harimau Sumatera Masih Ditemukan di Jambi written by Umar Kid at Saturday, May 26, 2012 Thanks for visited my Blog - I'm amateur not professional not ustad not yet Kiya'i - I'm just lonely Tiger Like a Monkeys | http://www.umarkid.blogspot.com
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments :

Post a Comment