Monday, May 28, 2012

Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak Sehat

Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak Sehat
 Menganggap hanya masuk angin biasa
 Masuk angin dan kerokan sepertinya sudah identik dengan orang Indonesia. Tiap badan terasa tidak enak, kembung, pegal atau demam, kebanyakan orang Indonesia akan memdiagnosis diri sendiri dengan masuk angin. Padahal secara medis tidak ada yang namanya penyakit masuk angin.

"Tidak ada istilah masuk angin dalam ilmu kedokteran," kata dr Kartono Mohamad, mantan ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Salah-salah gejala yang dikira masuk angin sebenarnya adalah gejala serangan jantung. Akibatnya bisa fatal bila serangan jantung hanya dianggap masuk angin biasa dan lantas dikerok.source

Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak SehatMales ke dokter karena tidak siap divonis penyakit serius

Saat menunjukkan gejala tubuh mulai tidak sehat, banyak orang Indonesia yang meremehkannya dan menganggapnya hanya gejala penyakit biasa. Banyak orang yang selalu merasa terbebani kalau harus ke dokter, mengabaikan gejala-gejala ringan dan baru ke dokter ketika penyakit sudah terlanjur parah. Padahal, biaya yang dikeluarkan untuk ke dokter menjadi lebih membengkak ketika penyakit semakin parah.

Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak SehatMakan obat warung terus-menerus walaupun tidak sembuh
Beberapa obat warung memang aman, tetapi tidak untuk dikonsumsi secara terus-menerus. "Obat yang boleh dijual di warung tergolong obat bebas dan obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki fungsi organ-organ baik atau tidak memiliki penyakit tertentu. Karena itu satu obat belum tentu cocok untuk semua orang," ujar Prof. dr. Amir Syarif, SKM, Sp.FK(K) .

Sebaiknya batas waktu mengonsumsi obat bebas hanya selama 3 hari saja, jika tidak ada perbaikan sebaiknya hentikan penggunaan obat dan konsultasikan ke dokter.

Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak SehatMendiagnosis diri sendiri dan minum jamu sembarangan

Karena tak ingin pergi ke dokter, tidak sedikit orang Indonesia yang suka mendiagnosis diri sendiri. Tak hanya itu, gejala-gejala tubuh yang dirasakan lalu dicocokkan dengan jamu sembarangan yang belum tentu khasiatnya.

"Kalau ada yang bilang minum jamu 2 hari langsung sembuh itu jangan mudah percaya. Harus diperiksa apakah ada campuran bahan kimia atau tidak, karena khasiat herbal biasanya lebih lambat dibandingkan obat kimia," tutur Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt, Wakil Ketua Pusat Studi Obat Bahan Alam, Fakultas Farmasi UI.

Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak SehatTerlalu hitung-hitungan uang untuk kesehatan

Bukannya tidak mampu untuk berobat, terkadang orang Indonesia memang terlalu hitung-hitungan soal kesehatan. Orang Indonesia rela mengeluarkan uangnya untuk jalan-jalan, membeli barang-barang mewah atau konsumtif lainnya ketimbang harus ke pusat kebugaran untuk olahraga atau bahkan ke dokter saat tubuh sudah terasa sakit.




Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak SehatMengabaikan anjuran dokter

Cukup banyak pasien yang bandel di Indonesia, termasuk mengabaikan anjuran dokter misalnya dengan tidak menghabiskan obat terutama antibiotik, menghindari pantangan yang diberikan seperti tidak merokok atau makan makanan tertentu dan tidak mau cek laboratorium atau datang konsultasi lagi.





Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak SehatPasrah saat sakit

Daya juang untuk sembuh sangat berpengaruh untuk mengatasi penyakit itu sendiri, sayangnya tidak banyak orang Indonesia yang memilikinya. Banyak yang lebih memilih pasrah dan menunggu saja tanpa melakukan usaha pengobatan medis yang berarti karena takut jadi kelinci percobaan para dokter.
source.








Written by Umar Kid : a Blog to learn english so well and go public

Article Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Saat Tubuh Mulai Tidak Sehat written by Umar Kid at Monday, May 28, 2012 Thanks for visited my Blog - I'm amateur not professional not ustad not yet Kiya'i - I'm just lonely Tiger Like a Monkeys | http://www.umarkid.blogspot.com
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments :

Post a Comment